Pages

Kamis, 15 November 2012

Apa Perbedaan Windows 8 dan Windows RT?


Microsoft telah meluncurkan secara resmi sistem operasi Windows 8, Tak seperti Windows versi sebelumnya yang memiliki banyak versi, Windows 8 hanya punya tiga versi.

Tiga versi tersebut adalah Windows 8, Windows 8 Pro, dan Windows RT. Apa perbedaan antara ketiga versi ini?

Perbedaan antara Windows 8 dan Windows 8 Pro tidak terlalu banyak bila dibanding perbedaan kedua versi itu dengan Windows RT.

Meski tampilan dari luar sama persis, namun Windows 8 dan Windows RT mempunyai perbedaan yang cukup menyolok.

Perbedaan yang paling mendasar adalah platform hardware yang didukung oleh tiap versi. Windows RT hanya dapat dijalankan di atas perangkat dengan prosesor berbasis ARM. Windows RT tidak dapat di-install di perangkat dengan prosesor x86 dan x64.

Sebaliknya, Windows 8 hanya dapat dijalankan di perangkat dengan prosesor x86/x64 dan tidak bisa di perangkat berbasis ARM.

Perbedaan lainnya, di Windows RT sudah disertakan aplikasi Microsoft Office Home and Student 2013 (Word, Excel, PowerPoint, dan OneNote).

Dengan adanya aplikasi ini, pengguna perangkat Windows RT tak perlu membeli lagi paket aplikasi perkantoran tersebut. Untuk Windows 8, penggunanya harus merogoh kocek cukup dalam untuk membeli aplikasi Office tersebut.

Meski demikian, Windows RT memiliki kekurangan yang cukup "fatal". Aplikasi-aplikasi desktop lama dari Windows versi sebelumnya, tidak dapat digunakan di Windows RT. Pengguna Windows RT hanya dapat menggunakan aplikasi (baru) yang tersedia di Windows Store, yang jumlahnya belum terlalu banyak.

Sebaliknya, pengguna Windows 8 dan 8 Pro dapat menikmati ribuan aplikasi, baik aplikasi desktop lama maupun yang terdapat di Windows Store.

Perbedaan lain antara keduanya, dapat dilihat di tabel yang disediakan Microsoft, di bawah ini.
sumber :

0 komentar:

Poskan Komentar