Pages

Senin, 12 Maret 2012

Tips Merawat Notebook ataupun Laptop

 
Kita lebih akrab dengan peralatan elektronik untuk mempermudah kehidupan kita. Bekerja mengerjakan tugas-tugas sekolah, kampus, atau sekedar hanya buat mainan, kini makin mudah menggunakan .

notebook/laptop. kapan, dimanapun Anda dapat mengerjakan dengan mudah dan praktis. namun karena seringnya digunakan, notebook/laptop lebih rentan akan kerusakan, memang menggunakan notebook/laptop sebagai media kerja perlu diperhatikan perawatannya agar tetap awet. Berikut beberapa tips agar notebook/laptop Anda lebih awet :

mudah dan praktis. Namun, karena seringnya digunakan, notebook/laptop lebih
  • Tempatkan notebook/laptop anda pada tempat yang rata atau datar agar lubang ventilasi yang terletak di bagian bawah notenook/laptop tidak tertutup dan pastikan notebook/laptop berada di tempat yang stabil tidak banyak goncangan dan getaran.
  • Sebelum menghidupkan notebook/laptop , pastikan kondisi battery masih ada daya yang cukup untuk proses booting sampai menjalankan Operating System. Kekurangan daya battery sewaktu dihidupkan akan menyebabkan gagal booting yang akan berakibat pada kerusakan harddisk secara permanen.
  • Saat dalam pengisian battery pastikan dengan teliti stop kontak apakah adaptor sudah tertanam dengan baik dan stabil, bila tidak akan terpecik bunga api pada stop kontak yang berakibat proses charger akan putus sambung, pengalaman teman membuktikan akibat stop kontak kendor telah mengakibatkan umur battery menjadi sanat pendek.
  • Perhatikan indikator battery sebelum mengisi (men-charger) notebook/laptop Anda, bila menunjukan kapasitas battery minim dan terdapat peringatan pada indikator atau bunyi maka segera di isi/di charger. Apabila notebook/laptop tidak dipakai dalam waktu yang lama(lebih dari satu minggu), sebaiknya battery dan adaptor dilepas. Pastikan notebook/laptop dalam keadaan benar-benar mati(shutdown)saat akan disimpan dalam waktu lama.
  • Jangan biasakan menggunakan notebook/laptop dengan adaptor saja dan battery dilepas. Rumor diluar mengatakan bila bekerja dalam waktu lama sebaiknya battery dilepas karena bisa rusak karena overcharger. INGAT !!! itu akan menjadi malapetaka besar manakala listrik mati tiba-tiba dari PLN. Harddisk dalam notebook/laptop bisa rusak parah berikut data di dalamnya, padahal file-file lebih berharhga ketimbang notebook/laptop itu sendiri. Jadi selain sebagai penyimpan daya, battery juga berfungsi membantu menyediakan daya yang stabil, di adaptor saja tidak mencukupi saat processor bekerja maximal.
  • Tambahkan pelindung layar (screen protector) agar layar tidak mudah tergores, pelindung keyboard(keyboard protector) agar keyboard tidak kemasukan debu dan cairan yang mengakibatkan kerusakan pada tuts keyboardnya, dan gunakan cooling pad bila notebook/laptop akan digunakan dalam waktu yang lama agar sirkulasi udara dalam notebook/laptop terjaga
  • Jika hendak membawa notebook/laptop dan dimasukan kedalam tas, pastikan notebook/laptop dalam keadaan shutdown. Apabila masih standby, dikhawatirkan notebook/laptop tiba-tiba hidup sendiri karena terkadang ada perintah-perintah resident yang terlupakan sewaktu standby, saat notebook/laptop hidup kembali tetap masih berada dalam tas akan terjadi ganguan sirkulasi udara sehingga menjadi sangat panas bahkan bisa terbakar.
  • Janga meletakan handphone diatas notebook/laptop maupun di keyboard notebook/laptop, lebih baik jauhkan dari notebook/laptop Anda, teman saya membuktikan handphone sewaktu ada call atau menerima sms mengeluarkan radiasi yang sangat besar sehingga merusak chips dalam notebook/laptop yang terbukti sangat sensitif terhadap radiasi elektromagnetik. Akibat yang sering terjadi adalah kerusakan chips keyboard controller yang mengakibatkan beberapa angka atau huruf tidak dapat berfungsi.
  • Update antivirus anda sesering mungkin, hindari situs-situs internet berbahaya, karena banyak spyware, spam, malware dll.
Mungkin beberapa tips di atas banyak yang belum anda ketahui atau sudah anda ketahui dan anda lakukan. Jadi rawatlah barang yang telah anda punyai jangan menyianyiakannya

0 komentar:

Poskan Komentar